Selasa, 20 Desember 2016

Pengembangan keterampilan

Haruskah pengembangan ketrampilan menjadi prioritas dalam kurikulum pendidikan formal?????

Menyikapi pernyataan tersebut, menurut saya pengembangan keterampilan tidak perlu menjadi prioritas di kurikulum pendidikan formal, karena pengembangan keterampilan merupakan cakupan pendidikan non formal, karena pendidikan non formal termasuk lembaga yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan pelengkap pendidikan formal.

Karena seharusnya pendidikan formal harus lebih memprioritaskan pada pengetahuan akademik sehingga lulusannya mampu menjadi seseorang yang dapat menguasai pengetahuan dan agar mendapatkan ijazah untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Ditambah juga bahwa pengembangan keterampilan merupakan prioritas utama pendidikan non formal yang berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembanagan sikap dan kepribadian profesional. sehingga lulusannya dari pendidikan non formal tersebut akan mampu menguasai suatu bidang tentang pengembangan keterampilan, seperti : kemampuan menjahit, seni dan musik.

Namun banyak orang berasumsi bahwa pengembangan keterampilan harus menjadi prioritas utama di kurikulum pendidikan formal, dengan alasan bahwa pengembangan keterampilan mampu mengisi waktu luang peserta didik pendidikan formal.

Selain itu adanya pengembangan keterampilan di pendidikan formal juga akan mampu mengimbangi kemampuan otak kanan dan otak kiri peserta didik tersebut.

Dari semua asumsi tersebut mungkin dapat di ambil jalan tengah mengenai hal tersebut yaitu dengan tetap mengadakan pengembangan keterampilan di pendidikan formal namun tidak untuk menjadi prioritas utama. Jadi, pengembangan keterampilan hanya dijadikan sebagai kegiatan untuk menambah kegiatan peserta didik.
sekian.

#3DWC hari ke 20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL 4 PPKN KELAS IV (Empat)

Rabu, 10 Februari 2021 Hallo, selamat pagi. semoga semuanya selalu dalam keadaaan sehat. Silahkan pelajari unit 2 bagian B ya tentang Sika...